Awas, El Nino Ganggu Indonesia Hingga November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi gangguan iklim El Nino bakal menyerang Indonesia hingga November 2015. Kekuatan El Nino pada bulan November nanti bertaraf sedang (moderat). “Akibat adanya El Nino, diperkirakan awal musim hujan 2015/2016 di beberapa wilayah mengalami kemunduran,” tutur Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus Subagyo Swarinoto di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (17/6/2015). Dari hasil monitoring BMKG, El Nino diperkirakan mulai berlangsung pada Juni 2015, dan berpeluang menguat pada November 2015. 

Adapun daerah yang berpotensi terkena gelombang panas ini adalah Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Kendati demikian, El Nino dipastikan bukan menjadi pemicu utama kekeringan di Tanah Air. Faktor lain seperti Dipole Mode dan SST di perairan Indonesia juga harus menjadi perhatian. Selain itu, efek dari El Nino pada tiap daerah pun berbeda-beda. Hal ini disebabkan letak geografis yang berbeda dan pola hujan yang tidak sama. “El Nino berdampak terhadap berkurangnya curah hujan di bagian barat, tapi tidak signifikan,” jelas dia.

Di beberapa daerah yang rentan mengalami kebakaran, El Nino bisa cukup membahayakan. Seperti Sumatera Selatan, Jawa dan Kalimantan yang sangat mudah terjadi kebakaran. “Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat ini karena dekat dengan Singapura harus diantisipasi. Karena mereka (Singapura) paling rewel (kalau ada kebakaran),” tandas dia 

Sumber berita dari sini

0 Response to "Awas, El Nino Ganggu Indonesia Hingga November "