FITRAH MANUSIA


Selamat pagi Saudaraku yang dimulyakan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Pembangunan pribadi merupakan dasar utama dalam rangka menjadikan dan mewujudkan kebaikan sebagai sesuatu yang dominan dlm kehidupan di dunia ini. Apabila jiwa tidak baik akan gelaplah dunia dan fitnah merajalela menjadi dominan, baik masa sekarang maupun yang akan datang. 

Oleh karena itu Allah menjelaskan dan memperingatkan manusia dlm firman-Nya : "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Alloh menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." {QS. Arra'du:11} 

Demikianlah kita melihat pembangunan pribadi dari dua aspek, karena dalam diri manusia terdapat dua fitrah, yang baik dan buruk. Pertama : Fitrah yg baik mendorong kpd kebaikan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam perkembangan jiwa yang baik, sehingga jiwa merasa bahagia dalam garis hidup yang benar. Kedua : Manusia juga condong kepada keburukan, sehingga jiwa merasa kecewa dengan kejahatannya dan merasa sedih dengan melakukannya. Karena kecenderungan yang buruk akan menyeret jiwa keluar dari jalur yang benar, sehingga membawa bencana bagi manusia dan menjerumuskannya dalam jurang kehinaan. Insya Allah fitrah kita sebagai manusia timbangannya lebih banyak kepada kebaikan. Subhanallah ..

*) BBM Broadcast dari GM PG Purwodadi

Cari Berita