Harapan Itu Akan Selalu Ada



Masih ingatkah pada Kisah Dewi, siswi salah satu SMA di Maospati yang terancam putus sekolah karena tidak ada biaya untuk daftar ulang dan membayar tunggakan SPP selama satu tahun? Ketiadaan biaya jua-lah yang menyebabkan Agus adik kandung Dewi Citra mengalami nasib yang sama, tidak bisa meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Keluarga Bono yang tinggal di Kelurahan Manisrejo-Kecamatan Karangrejo tersebut memang dalam kondisi ekonomi yang sulit. Bagaimana tidak, sementara kepala keluarga tidak bisa berperan Jaitun sang isteri-lah yang mengambil alih sebagai tulang punggung keluarga. 


Dengan bekerja sebagai buruh cuci pakaian, ia mengais rupiah meneruskan kehidupan walaupun terkadang sulit untuk kebutuhan sehari-hari, terlebih untuk kebutuhan sekolah anak-anaknya. Setelah anak pertama, Dewi, telah dibantu untuk melunasi tanggungannya kepada sekolah, kini giliran Agus sang adik mendapat bantuan dari Takmir Masjid Baiturrohman PG. Poerwodadie – Magetan.

Ditemui disela-sela proses pendaftaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Geneng, Jaitun mengungkapkan perasaannya. “ Syukur kami telah dibantu untuk meneruskan sekolah anak, matur suwun sanget “ ujarnya terbata. “ Ananda Agus kami daftarkan disini, karena selain sesuai dengan keinginannya, mutu pendidikan di SMKN 1 Geneng bagus “, terang Asiyah surveyor Takmir Masjid yang mendampingi Agus dan Ibunya saat mendaftar. “ Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada YDSF yang telah bekerjasama dengan Takmir Masjid Baiturrohman dalam mengatasi masalah ini. Kasus ini hanya puncak gunung es, seolah kecil tetapi saya yakin banyak yang mengalami kondisi yang sama. Di sinilah YDSF mampu menunjukkan perannya “ , kata ibu empat orang anak ini yang sekaligus sebagai kepala sekolah TK Melati PG. Poerwodadie. Selain membantu mendaftarkan pihaknya sekaligus melunasi biaya daftar ulang berupa uang seragam. Masalah di dunia pendidikan yang berlatar belakang ketidakmampuan ekonomi siswa seperti ini memang bukanlah permasalahan yang pertamakalinya terjadi. Tetapi yang menjadi fokus utama adalah solusi yang dikedepankan. Disinilah peran yang dapat diambil oleh Lembaga Amil Zakat, bagaikan fungsi baitul maal, membantu meningkatkan dan memberi kemaslahatan bagi umat.(Johan)

Cari Berita