PEKAN PENGHIJAUAN, TEBAR 1000 POHON


Dalam upaya melestarikan lingkungan dan ikut meminimalisir dampak dari global warming, Jum’at (11/2) PG. Poerwodadie menyerahkan bantuan 1.000 bibit pohon ke desa Ginuk dan Ngariboyo yang mempunyai mata air di Kecamatan Karas Magetan. Diantaranya jenis sawo kecik, beringin, jati, sengon, sukun dan mahoni. Penanaman bibit ini diharapkan mampu mengurangi polusi udara dan akar pepohonan tersebut mampu menahan air tanah sehingga mata air tersebut tidak sampai mati dan kering.

“ Mata air di beberapa desa khususnya di kecamatan Karas harus dipelihara, sehingga debit airnya tidak habis walaupun di musim kemarau. Untuk itu hari ini Kami mengadakan penanaman 1000 pohon di wilayah mata air “ terang Memed Tanuwijaya ketua tim penghijauan PKBL PG. Poerwodadie. Dengan didampingi oleh Kepala Desa Ginuk dan Camat Karas bibit pohon tersebut ditanam di titik-titik dekat mata air di desa Ginuk. “ Mata air ini dulu sebelum ada PDAM digunakan oleh warga tiga desa untuk mandi dan keperluan sehari-hari ”, ujar Supriyadi Kepala Desa Ginuk.

Tampak air jernih mengalir dari sela-sela batu dan akar pohon beringin. Oleh warga setempat air yang keluar dibuat semacam kolam dari batu untuk menampungnya. Sudah seyogyanya manusia merawat dan melestarikan alam ini, karena alam tempat manusia tinggal. (Johan)













Cari Berita