Pulungan: PTPN XI Patok Laba Rp86 Miliar di 2017

Dolly Parlagutan Pulungan ketika menerima Top Leader Award 2016 ( josstoday.com )
PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI di 2017 kembali memproyeksikan raihan laba hingga Rp86 miliar, sejalan dengan sejumlah upaya perbaikan pabrik, sistem manajemen hingga perluasan lahan tebu HGU (hak guna usaha). Direktur Utama PTPN XI, Dolly Parlagutan Pulungan mengatakan, capaian positif di PTPN XI akna bisa dipertahankan. "Dalam 2 tahun terakhir ini laba PTPN XI mengalami peningkatan yang bagus, dan tahun ini target laba memang turun karena dihitung prognosa bulan September, dan jadi aturan pemegang saham,” kata Pulungan, Jumat (27/1/2017). 


Berdasarkan catatan kinerja PTPN XI, pada 2016 perseroan berhasil mencatatkan laba sebesar Rp132 miliar. PTPN XI merupakan satu-satunya BUMN gula yang berhasil mencatatkan laba di tengah kondisi ekonomi dan cuaca buruk saat musim tanam. Sedangkan total produksi gula PTPN XI pada 2016 tercatat mencapai 142.000 ton, dengan rendemen tertinggi dari Pabrik Gula (PG) Assembagoes yakni 7,08%. Tahun ini, ditargetkan rendemen tebu bisa mencapai 8,04%. “Produksi gula kita yang terbesar untuk BUMN gula, ini karena kami berupaya melakukan efisiensi biaya, menekan down time, dan efisiensi sumber daya,” ujarnya. 

Dolly menyatakan, PTPN XI juga telah memproyeskiskan langkah-langkah strategis amankan bahan baku tebu, diantarnya dalam upaya perluasan lahan HGU. Dan perseroan pun akan menyiapkan anggaran Rp1,5 triliun untuk perluasan lahan tebu HGU. Rencananya PTPN XI akan membeli lahan di Jember dan Pasuruan dengan total luas lahan 1.100 ha. “Kami sudah dapat persetujuan Rp1,5 triliun dari bu menteri untuk beli lahan. Kita harus ekspansi,kalau kita bisa menguasai 60% lahan tebu sendiri itu sudah aman. Sekarang ini lahan tebu kita sendiri masih 35%, 65% nya milik petani,” jelas Pulungan. 

Namun begitu, kata Dolly, PTPN XI tetap berkomitmen untuk mengontrak kerja sama dengan petani untuk tanam tebu, dan membantu modal kerja dan jaminan tebang angkut sesuai dengan jadwal. “Kami juga menyiapkan dana talangan kepada petani Rp750 miliar setiap tahun untuk modal tanam tebu, salah satunya dari KUR perbankan sehingga petani percaya kepada kita,” imbuhnya. 

Sumber berita dari sini

0 Response to "Pulungan: PTPN XI Patok Laba Rp86 Miliar di 2017"