Strategi PTPN XI Bikin Jumlah Pabrik Gula Berkurang


PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI berencana melakukan regrouping pabrik gula. Terutama untuk pabrik gula skala kecil. Hal itu dilakukan untuk menekan biaya pemeliharaan dan investasi. 

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PTPN XI Aris Toharisman mengatakan, pihaknya akan membenahi sejumlah pabrik dengan modal perseroan. Ke depan, skala kapasitas PG dan efisiensi ditingkatkan. “Konsekuensinya, jumlah PG berkurang. Tapi, kapasitasnya akan bertambah besar. Kapasitas yang besar ini akhirnya dapat meningkatkan efisiensi,” terang Aris, Minggu (20/4) kemarin. Menurut dia, jika skala kapasitas PG kecil, biaya investasi dan pemeliharaannya tidak jauh berbeda dengan PG berskala besar. Direncanakan, sampai 2019, jumlah PG di PTPN XI menjadi sembilan unit dari sekarang 16 unit. 

Aris mencontohkan, peningkatkan kapasitas PG Asembagus dan Jatiroto yang memakan dana PMN Rp 650 miliar. Dana lebih dari setengah triliun rupiah itu nanti terbagi menjadi Rp 250 miliar untuk PG Asembagus dan Rp 400 miliar untuk PG Jatiroto. “Dana ini pun sebenarnya kurang. Sebab, kebutuhan kami untuk dua pabrik itu sekitar Rp 1,7 triliun,’’ ujar Aris. Padahal, kata dia, laba yang dibukukan PTPN XI tahun lalu hanya Rp 118 miliar. 

Sumber dari sini

Cari Berita