Jumat, Oktober 01, 2010

Siswa SMP Belajar Masak Gula

Kamis (30/9) puluhan siswa SMPIT Al Ikhlas Mantren mengadakan studi karya ke pabrik gula Poerwodadie. “ Kunjungan ini bertujuan untuk memadukan IPTEK dan IMTAQ anak didik kami “, jelas Maryadi selaku koordinator guru pembimbing. Diharapkan siswa mengikuti kegiatan ini akan bertambah wawasan dan pengetahuannya mengenai proses pembuatan gula. 

Dalam kesempatan itu siswa diajak keliling pabrik menyaksikan dan belajar proses pembuatan gula dengan dipandu oleh Sri Pratomo. “ Aku kepingin ngincipi “ kata salah satu peserta sambil mencelupkan jarinya kedalam sampel nira yang dibawa oleh seorang karyawan. Menjawab pertanyaan siswa mengenai kendala mengolah gula, Sri menjelaskan bahwa salah satu kendala dalam memasak gula adalah rendahnya kristal gula karena perubahan iklim yang ekstrim. “ Dalam musim panen tebu seharusnya tebu tidak memerlukan air karena akan berpengaruh pada kandungan gula “ terang dokter gula tersebut sembari menyebutkan tingginya curah hujan dalam bulan ini. 


Banyaknya pertanyaan yang dilontarkan siswa SMP ini menunjukkan tingginya minat mereka terhadap proses pembuatan gula yang termasuk dalam salah satu sembilan bahan pokok (sembako). Joe
Share:

0 komentar:

Definition List

Unordered List

.

×

Support