Liputan Khusus : Pasar Rakyat Menjelang Giling Tahun 2014


Sudah menjadi kelaziman di semua Pabrik Gula di jawa apabila menjelang musim giling tiba akan dijumpai sebuah keramaian yang masyarakat sekitar menyebutnya dengan istilah buka giling. Tak terkecuali di Pabrik Gula Madiun Unit Purwodadi yang berlokasi di Desa Pelem Kec. Karangrejo Magetan, sejak akhir bulan Maret para pedagang sudah mulai membuka lapaknya di sepanjang jalan raya Pelem Karangrejo. Tak terelakkan di sepanjang jalan depan Pabrik Gula Poerwodadie hingga lapangan Kelurahan Manisrejo menjelma menjadi sebuah pasar dadakan. Puncak keramaian biasanya terjadi di awal bulan Mei yang menandakan bahwa giling akan segera dimulai. 



Masyarakat dari berbagai daerah sangat antusias mendatangi event tahunan itu. Berbagai macam barang dagangan bisa dijumpai di situ, mulai pakaian, ubo rampe memasak, berbagai jenis makanan yang tentu saja dijual dengan harga merakyat. Tak terkecuali anak-anak juga bisa menikmati hiburan seperti Mandi bola, Istana Balon, Kincir Angin, Kereta Mini, hingga Tong Stand dengan khas hingar bingar suara motornya. Tak pelak lagi acara tahunan itu menjadi rizqi dadakan bagi masyarakat sekitar dengan memanfaatkan pekarangannya yang kosong untuk tempat parkir para pengunjung. 

Akhir kata, para pedagang beroleh rizqi yang melimpah, pengunjung pun pulang dengan hati yang sumringah, Pabrik Gulanya pada saat giling mendapatkan produksi dan laba yang melimpah ruah. Amin






























Cari Berita