SIMPRO MEMUDAHKAN PEKERJAAN

Informasi memegang peranan sangat vital, terlebih bagi pengambilan keputusan maupun kebijakan. Bahkan ada ungkapan barangsiapa memegang informasi lebih awal maka ia akan memegang dunia. Di era ini, perkembangan tehnologi informasi amat pesat, dengan didukung piranti-piranti canggih yang beragam maka akses informasi bisa segera didapat.
Begitu juga PG. Poerwodadie, sebagai salah satu industri membutuhkan data yang valid dan cepat berkenaan dengan proses produksi yang tengah terjadi. Memfasilitasi kebutuhan tersebut, maka tim IT salah satu pabrik gula di Magetan tersebut merancang sisem informasi produksi yang disebut SimPro (System Informasi Produksi).
 
Dalam sistem informasi tersebut disajikan data-data berkaitan dengan produksi setiap jamnya, mulai dari jumlah tebu masuk, kualitas tebu, jumlah tebu digiling, rendemen, sampai gula yang diproduksi.
“ Sim Pro ini sudah berjalan 2 tahun ini, dan sekarang sedang kami kembangkan program Sim Pro dua “, jelas Yustitianus Ratna, SE. Kepala Bagian Administrasi Keuangan dan Umum PG. Poerwodadie. Program Sim Pro dua akan menyasar pada on farm, yakni menyajikan informasi mulai dari luas lahan kebun, posisi, peta bahkan jumlah biaya garap yang telah dikeluarkan dilengkapi dengan informasi database petugas tiap kebunnnya terangnya lebih lanjut.
Kepala bagian yang sekaligus ketua Gugus Tugas PG. Poerwodadie Bangkit ini akan memanfaatkan tehnologi GPS (Global Positioning System) dan citra foto satelit. “ Dalam Sim Pro Dua ini kami akan mencoba memadukan tehnologi GPS dan citra foto satelit dengan laporan yang telah ada untuk lebih mem-validkan data yang masuk, sekaligus akan mempermudah pekerjaan sehari-hari “, ungkap pria yang kerap dipanggil Yusti ini.
“ Ini berawal dari pengalaman kami di PG. Semboro dulu dan kini kami kembangkan sesuai kebutuhan di sini sehingga tercipta SimPro ini. Dari data-data yang tersaji akan mempermudah pengambilan keputusan secara cepat dan tepat oleh pimpinan “, ujar lelaki asli Yogya ini ketika menerangkan latar belakang dibuatnya program SimPro. Untuksaat ini program Sim Pro bisa diakses melalui internet dan handphone yang memiliki fitur dan akses internet. Sehingga memudahkan pimpinan untuk mengetahui informasi terkini sementara posisi tidak berada di kantor.
Sehubungan dengan adanya tanggapan positif dari Kantor Pusat, pihaknya berharap dengan turunnya tim IT Kantor Pusat akan lebih mengembangkan program informasi ini dan dibuat standarisasi bagi unit-unit.(Humas)

0 Response to "SIMPRO MEMUDAHKAN PEKERJAAN"