BEDAH MASJID JAMI' BAITUL MUTTAQIN MANISREJO, MAGETAN



Ramadhan masih satu bulan lagi, tetapi gaungnya sudah terasa. Masjid Jamik Baitul Muttaqin di Kelurahan Manisrejo – Magetan contohnya, Rabu (6/7) dilaksanakan pemugaran dalam rangka renovasi bangunan induk.

Kegiatan bersama antara PG. Poerwodadie dengan masyarakat Manisrejo ini diharapkan selesai Kami akan berusaha menargetkan renovasi bangunan induk Masjid sebelum puasa, sehingga tarawih diharapkan bisa diselenggarakan di sini “, terang Tri Hartoko wakil panitia renovasi masjid. Masjid yang pertama berdiri di lingkungan Manisrejo ini mempunyai nilai sejarah yang berarti bagi masyarakat sekitar. Pasalnya didirikan bersamaan dengan muktamar ormas terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama, yang pertama yaitu tahun 1926.
sebelum bulan puasa. “
 “ Masjid ini dibangun bertepatan dengan Muktamar Nahdatul Ulama yang pertama, yaitu tahun 1926 oleh Mbah Prawiro Utomo “, terang Syaiful Wari salah satu tokoh Masyarakat Manisrejo. ” Selain itu di kompleks masjid ini didirikan Naib-an ( KUA ) sehingga menjadi pusat kegiatan keagamaan “ ujarnya lebih lanjut. Tetapi semenjak KUA dipindah ke kecamatan Karangrejo pada tahun 1978, maka kegiatan di Masjid Jamik tersebut berangsur-angsur berkurang.   

“ Kami atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pihak pabrik gula yang mendukung renovasi ini, dan diharapkan setelah renovasi Masjid Jamik Baitul Muttaqin ini menjadi ramai kegiatannya kembali seperti awal-awal berdirinya dulu “, ujar Eko tokoh pemuda Manisrejo.

0 Response to "BEDAH MASJID JAMI' BAITUL MUTTAQIN MANISREJO, MAGETAN"